Halaman

Jumat, 04 Mei 2012

120430 [TRANSCRIPT] EXO-K Full News Interview



Q: Bagaimana perasaan kalian setelah melakukan 3 minggu debut?
Suho: Selama minggu pertama debut kami, aku tidak bisa fokus pada kamera karena terlalu gugup. Disela-sela penampilan juga ada kesalahan besar dan kecil, tapi sekarang kita telah mendapatkan banyak pengalaman, penampilan kami cukup membaik, kita bisa menunjukkan pada setiap orang, kita telah mempersiapkan segalanya dengan baik.


Q: Momen apa yang paling bahagia yang pernah kalian alami?
Baekhyun: Saat pertama kalinya berdiri di atas panggung, momen yang sangat aku cita-citakan selama 7 tahun. Itu adalah momen yang paling membahagiakan dan paling berarti. Setiap aku berdiri di atas panggung, fans di hadapanku mulai meneriakkan kalau meteka menyukai EXO. Momen di mana aku turun panggung, aku merasa tegang dan kakiku gemetaran. Orangtuaku juga berkata: “Rasanya seperti hatimu telah meledak.”
(Note: 7 tahun yang dimaksud Baekhyun bukanlah tentang periode training. Yang ia maksud adalah ketika ia mengikuti berbagai audisi tapi ditolak/tidak terpilih, ketika SM bertemu Baekhyun itu ketika ia sedang audisi di Seoul Arts University.)

Q: Apakah ada rasa tanggung jawab yang kalian rasa harus kalian penuhi?
Kai: Di agensi kami tidak pernah ada kasus kegagalan karena agensi kami telah menetapkan jalur yang kokoh sejauh ini, jadi debut kami pun cukup terbilang berhasil. Meskipun begitu kami merasakan beban karena tidak bisa berhasil seperti mereka (artis yang lainnya). Tetapi melalui ’100th Day Debut’ showcase perdana, kami memperoleh banyak keberanian dan melihat fans internasional banyak mendukung kami, mereka membuat kami merasa bahwa kami pun bisa.

Q: Lagu debut kalian adalah lagu yang sangat powerful, bagaimana pendapat kalian tentang lagu tersebut?
Sehun: Karena lagunya dibuat sendiri oleh Yoo Young Jin dan dibuat untuk SMP (SM Performance), beberapa orang bilang kalau lagu kami mengingatkan mereka pada masa debut TVXQ, dan beberapa juga bilang kalau lagu tersebut memiliki konsep yang sangat fresh. Mungkin karena sebelumnya beberapa boyband melakukan debut dengan lagu yang cute, jadi lagu yang kuat dan powerful seperti MAMA bisa menangkap perhatian orang-orang. Untuk menampilkan lagu tersebut, rasanya sangat baik.

Q: Penampilan kalian sangatlah fantastis!
Suho: Kami telah menempatkan fokus utama kami pada perbedaan dan karena lagu kami memberikan getaran yang sangat kuat, kinerja kami secara alami harus mengeluarkan getaran kuat juga. Kami berlatih selama sekitar satu bulan dan selain tidur dan makan apa yang kita lakukan hanyalah berlatih menari. Kai tahu bagaimana cara menemukan keseimbangan baik di panggung dan berlatih dengan baik.

Q: Apakah kalian pernah menemukan pendapat negatif tentang grup kalian?
Kai: Kita tidak akan mengindahkan tanggapan negatif ke dalam hati meskipun ketika kita bisa bebas membacanya. Sejauh ini fans kami telah menemukan sebagai sosok yang lucu dan mereka memperlakukan kami dengan sangat baik.

Q: Apakah senior satu agensi kalian memberikan masukan?
D.O.: TVXQ Yuhno-sunbae memperhatikan penampilan kami saat debut dan ia menelepon dari Jepang. Kita sangat gugup saat menjawab teleponnya, beliau mengingatkan kami untuk selalu memperhatikan ekspresi wajah dan detail tarian kami. Aku merasa kalau dia adalah senior yang paling baik.

Q: Bicara tentang keuntungan menjadi SM trainee.
Sehun: Pertama, makanan di sana gratis, haha. Keuntungan terbesar adalah memiliki pelatih tari dan instruktur musik profesional yang dijadwalkan saat training. Agensi juga mengajarkan kami di kelas dasar perilaku, karena kita harus menyapa senior kami dengan perilaku yang hormat. Juga ada kelas Public Speaking, mulai dari perilaku sampai bagaimana cara memberi respon yang baik, kami telah mempelajari semuanya.

Q: Apa perbedaan EXO dibandingkan dengan grup lain, debut sebagai grup kembar?
Chanyeol: Hal ini bukan karena konsep kami sedikit berbeda dari yang lain lalu kita bangga, tapi karena kami telah berlatih sebagai EXO-M dan EXO-K dan kami benar-benar seperti kembar tapi kami adalah satu. Dan kami seperti bersaing dengan friendly. Ketika kami sedang syuting MV sebagai dua kelompok, kami akan menunjukkan kesalahan masing-masing sehingga akan ada perbaikan.

Q: Silakan bicara tentang kemampuan setiap member
Kai: Di sini, aku sering dijuluki “dance machine”. Ketika aku mengikuti kompetisi menari aku akan memenangkan sesuatu. Di saat SMP tahun ke 2, aku mulai belajar ballet dan aku ingin menjadi seorang penari. Tapi setelah melihat penampilan Shinhwa-sunbae, aku mulai mengembangkan ketertarikanku untuk menjadi artist.
Baekhyun: Aku terlihat seperti Song Joongki, artinya kalian akan melihat Song Joongki setiap hari, haha, di SMA aku ikut serta dalam sebuah band musik, dan saat Bucheon Rock Festival kami mendapatkan sebuah hadiah. Aku sangat suka lagu yang mainstream dan artis favoritku adalah Jamiroquai and Maroon 5.
Suho: Saat aku masih SMA, nilaiku cukup bagus, aku bisa mendapatkan ranking ke 2 ataupun 3 di kelas. Di perguruan tinggi, karena aku harus belajar dan latihan, aku menyerah pada studiku. Tapi kebanyakan siswa seni dan olah raga biasanya melakukan hal yang sama dengan studi mereka.

Q: Apa tujuan kalian untuk tahun ini?
Suho: Kami bertujuan untuk memenangkan penghargaan artis pendatang baru. Karena kita hanya memiliki kesempatan dalam hal itu. Senior kami semuanya mendapatkan penghargaan artis pendatang baru sebelumnya dan aku takut kalau kami tidak memenangkannya.

Translation credit: heechvl [ENG] | young93 [INA]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar